Volume Transaksi Teras BRI Kapal Bahtera Seva III Rp 5,8 Miliar

Direktur Utama BRI Asmawi Syam menerangkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang baru beroperasi sekitar 6 bulan telah memiliki sekitar 625 rekening. Foto/Ilustrasi

AMBON – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Asmawi Syam menerangkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva I mencetak rata-rata volume transaksi simpanan sekitar Rp10,7 miliar atau setara dengan 2.219 rekening. Sebagai informasi Teras BRI Kapal Bahtera Seva I, diresmikan pada bulan Agustus 2015 lalu di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Sementara di Pulau Halmahera, Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang baru beroperasi sekitar 6 bulan telah memiliki sekitar 625 rekening dengan volume transaksi simpanan sekitar Rp5,8 miliar. “Pulau Halmahera ini mempunyai potensi nasabah dan volume transaksi keuangan yang lebih besar dibandingkan di Pulau Seribu. Makanya, kita harapkan kapal ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat yang ada di kepulauan yang jauh dari daratan,” ungkap dia di Ambon, Jumat (24/2/2017).

Menteri BUMN Rini Soemarno menyambut baik peresmian tersebut. “Saya senang karena BRI membuat program ini untuk masyarakat yang membutuhkan,” ujar Rini. Menurut dia, tahun 2017 perusahaan BUMN, perbankan dan asuransi akan berkonstrasi untuk masyarakat ekonomi rendah seperti petani, nelayan dan lainnya.

Dengan demikian, bank-bank BUMN akan dikonsentrasikan untuk mempunyai database yang kuat terutama pada masyarakat bawah. Sehingga, dapat mempermudah pencarian data jika ada bantuan pemerintah untuk dapat meningkatan ekonomi mereka.

“Target CSR BUMN yakni membantu masyarakat atau per orang. Kita juga ada program ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka seperti KUR dan lainnya,” papar dia.

Melalui Teras BRI Kapal Bahtera Seva III, Bank BRI juga menyediakan layanan kesehatan, layanan perpustakaan keliling dan Rumah Kreatif BUMN atau RKB, yang kesemuanya dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat di sekitar Kepulauan Halmahera Selatan. Perseroan berharap, selain menggerakkan perekonomian, Bank BRI sebagai agent of development turut berperan dalam meningkatkan kesehatan dan minat baca di masyarakat.

“Melalui RKB Bank BRI juga menargetkan terwujudnya Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UMKM di wilayah pesisir,” ungkap dia. (akr)

 

Source : sindonews.com