Usulan Dirut Pertamina dari Komisaris Ditolak Rini Soemarno

Usulan Dirut Pertamina dari Komisaris Ditolak Rini SoemarnoFoto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) hari ini memutuskan untuk mengangkat Elia Massa Manik menjadi Direktur Utama. Keputusan tersebut diambil oleh pemerintah sebagai pemegang saham.

Padahal pada saat pencopotan Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang, para Dewan Komisaris diusulkan untuk mencari sosok yang akan direkomendasikan kepada pemerintah. Dewan Komisaris Pertamina pun mengusulkan salah satu direksi untuk mengisi kekosongan pucuk pimpinan Pertamina, namun usulan itu ternyata ditolak.

“Dewan Komisaris itu hanya bisa mengusulkan dari anggota direksi yang ada di Pertamina. Kita tidak bisa usulkan di luar Pertamina. Nah, pemegang saham kan punya perspektif. Karena mereka punya 140 BUMN. Itu kelebihannya Menteri BUMN bisa melihat, dari apa yang diusulkan Dewan Komisaris ada yang lebih cocok. Bukan lebih baik loh, tapi lebih cocok. Inilah yang keluar dari pengamatan dan pemilihan pemegang saham,” kata Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Sayangnya Tanri enggan menyebutkan siapa yang diusulkan oleh Dewan Komisaris. Kendati begitu dia mengaku puas dengan pilihan pemerintah.

Menurutnya Elia memiliki karakter yang tepat dan dibutuhkan untuk memimpin Pertamina. Sehingga dirinya yakin, Elia bisa membawa Pertamina menjadi BUMN yang lebih baik.

“Kalau kamai melihat track record-nya dan apa yang disampaikan, menurut saya sudah sangat tepat. Katakanlah karakter, skill dan kepemimpinan beliau untuk Pertamina. Jadi komunikatif, desicive dan integritasnya tidak dipertanyakan. Saya melihat ada sama beliau,” pungkasnya. (mkj/mkj)

Source : detik.com