Usaha Pengiriman Paket Dengan Sepeda, Ini Strategi Bisnisnya

Azizah Nur Alfi – Minggu, 02/10/2016 05:46 WIB

25

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak cara untuk menyiasati kemacetan di kota besar. Banyak orang mengandalkan sepeda motor karena cepat dan lincah, tetapi menyisakan polusi berupa asap kendaraan.

Namun, ada sebagian kecil masyarakat yang memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi. Selain lebih lincah, alat transportasi ini lebih ramah lingkungan karena menggunakan tenaga manusia.

Penggunaan sepeda sebagai bagian dari gaya hidup tidak terbatas pada aktivitas bike to work atau bike to school. Sepeda juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi jasa kurir. Bahkan, keberadaannya jauh sebelum tren jasa pengiriman online merebak.

Old Steel Messenger Service Bogor, misalnya, merupakan salah satu komunitas yang menyediakan jasa pengiriman paket melalui sepeda. Pengelola Old Steel Messenger Service (OSMS) Bogor, Noey Sugiono, mengatakan komunitas ini berawal dari komunitas sepeda di Bogor pada 2010. Kemudian, berkembang pada 2012 dengan memulai usaha kurir sepeda di Bogor.

“Saat ini ada 12 anggota. Semua anggota adalah kurir. Ada yang full time, ada pula yang part time karena beberapa masih menempuh pendidikan dan bekerja,” tuturnya kepada Bisnis.

OSMS Bogor hanya menerima jasa pengiriman di wilayah Bogor. Meski begitu, tetap ada maksimum jarak bagi kurir sepeda. Mereka menerapkan jarak maksimal yang dapat ditempuh yakni 22 km dari titik penjemputan. Setiap kurir dibatasi membawa barang yang dikirim seberat 7 kg.

Waktu operasional kurir sepeda ini mulai dari pukul 08.00 hingga pemesanan terakhir pukul 19.00. Jika hari hujan, maka kurir sepeda memilih tidak beroperasi sejenak hingga menunggu hujan reda.

Adapun tarif yang dikenakan yakni 7 km pertama sebesar Rp15.000. Penambahan 5 km berikutnya adalah Rp5.000. Paket sudah sampai ke tangan penerima maksimal dua jam. Selama ini, mereka mengandalkan media sosial menjadi ajang promosi yang efektif.

Lalu apa kelebihan kurir sepeda dibanding jasa pengiriman lainnya?

“Kurir sepeda memiliki kelebihan dapat menerabas kemacetan. Jika macet, kami masih memiliki jalur alternatif. Sebab, diketahui lalu lintas Kota Bogor sudah dikenal macet,” lanjut Noey.

Editor : Linda Teti Silitonga

Source : bisnis.com