Transportasi dan Logistik — Shuttle Bus Gratis Untuk Pengguna Kapal Ro-ro

Maret 08 / 2017 — 19:14 WIB
Oleh : Yudi Supriyanto
Angkutan sungai dan penyeberangan – Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana menggandeng perusahaan umum Damri dan PPD untuk menyediakan shuttle bus gratis dari sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta.

Mantan orang nomor satu di PT Angkasa Pura II tersebut mengatakan, shuttle bus gratis yang akan disediakan tersebut guna mengangkut penumpang-penumpang yang akan menggunakan kapal roll on roll off (Ro-ro) rute Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta – Pelabuhan Panjang, Lampung.

“Ke depan pihaknya [Menhub] juga berencana bersama Perum Damri dan PPD untuk menyediakan shuttle bus gratis dari sejumlah titik untuk mengangkut penumpang yang akan menggunakan kapal ro-ro ini,” demikian tertulis dalam siaran pers Kemenhub, Jakarta, Rabu (8/3/2017)

Dia mengatakan, dalam kurun waktu satu tahun terdapat 3 kapal ro-ro per hari yang melayani lintas Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta – Pelabuhan Panjang, Lampung. Oleh karena itu, dia mencatat, setidaknya terdapat 500 truk yang dapat dialihkan dari jalan raya ke kapal ro-ro pada lintas tersebut.

Hanya saja, dia mengungkapkan, rata-rata tingkat keterisian atau okupansi truk di kapal ro-ro di rute Pelabuhan Panjang, Lampung – Tanjung Priok, Jakarta baru sebesar 60%. Sementara itu, tingkat okupansi penumpang di kapal ro-ro pada rute yang sama baru mencapai 20%.

Oleh karena itu, dia menuturkan perlu adanya perbaikan terkait dengan promosi. Dia menginginkan promosi segera dilakukan.

Dia menyatakan, biaya yang harus dikeluarkan oleh para pelaku usaha truk ketika menggunakan kapal ro-ro lebih rendah apabila dibandingkan dengan menggunakan jalan raya.

“Karena apa? Satu, karena sparepart [Suku cadang], kedua karena [ongkos] tol, ketiga biaya BBM solar, dan keempat karena di jalan banyak orang yang harus dikasih,” katanya.

Kemudian, dia meminta operator kapal Ro-ro pada lintasan Lampung – Jakarta – Semarang – Surabaya – Padangbay – Lembar menggunakan kapal dengan usia muda dan memiliki kecepatan lebih dari 20 knot.

Dengan begitu, dia berharap dapat meningkatkan efektivitas waktu perjalanan kapal sehingga lebih menarik minat para pengusaha angkutan truk untuk mengalihkan kendaraannya dari jalan raya ke kapal ro-ro.

Sementara itu, Sekretaris Perum DAMRI Arifin mengatakan, pihaknya akan melaksanakan angkutan umum gratis tersebut apabila hal tersebut merupakan penugasan terhadap perusahaan.

Meskipun akan menjalani angkutan tersebut, dia mengingatkan kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap pelayanan perusahaan yang selama ini secara reguler melayani trayek Jakarta – Lampung pulang dan pergi.

Dia menyatakan, sejauh ini penumpang angkutan umum DAMRI rute Jakarta – Lampung pulang dan pergi mencapai 700-800 orang per hari. Sementara itu, jumlah penumpang bisa mencapai 1.000 orang pada waktu week end.

Rute bus DAMRI dari Jakarta menuju Lampung atau sebaliknya, dia mengungkapkan, salah satu rute perusahaan yang mendatangkan keuntungan.

Source : bisnis.com