Tak Dapat Migas, 43 Blok Dalam Tahap Terminasi

Duwi Setiya Ariyanti Sabtu, 22/10/2016 04:50 WIB

21Blok migas

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 43 wilayah kerja minyak dan gas bumi dalam tahap terminasi karena kegiatan eksplorasi yang dilakukan tak menunjukkan hasil adanya struktur hidrokarbon yang bisa dikembangkan secara komersial.

Kepala Juru Bicara Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Taslim Z Yunus mengatakan pihaknya mencatat terdapat 288 wilayah kerja. Namun, 43 di antaranya dalam proses pengembalian kepada pemerintah karena kegiatan pencarian migas gagal.

Adapun, dikembalikannya 43 wilayah kerja tersebut tak mengganggu kegiatan produksi karena masih dalam tahap eksplorasi.

“Masih 288 tapi dalam tahap proses terminasi ada 43 (wialyah kerja). Kan itu kan belum discovery yang 43 itu. Yang punya dampak terhadap produksi itu yang wilayah kerja yang akan berakhir masa kontraknya,” ujarnya di Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Kendati demikian, Taslim mengaku tak mengingat beberapa blok eksplorasi di antaranya yang masuk dalam tahap terminasi. Dia memperkirakan kegiatan di wilayah Indonesia barat yang lebih dominan untuk dikembalikan. “Tersebar di seluruh indonesia. Saya enggak hafal. Wilayah Indonesia barat yang banyak.”

Source : bisnis.com