SKK Migas Teken Pedoman Tata Kerja Blok Mahakam Hari Ini

Duwi Setiya Ariyanti – Kamis, 04/08/2016 01:45 WIB

SKK MIGASBlok Mahakam – Nadya Kurnia/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan menandatangani Pedoman Tata Kerja (PTK) terkait pelaksana investasi dan pelaksana kegiatan di Blok Mahakam pada Kamis (4/8/2016).

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), M.I. Zikrullah mengatakan diperlukan PTK yang mengatur bila PT Pertamina (persero) bisa mulai menginvestasikan dananya pada 2017 sebelum masa kontrak bagi produksi (production sharing contract/PSC) milik kontraktor eksisting berakhir pada 31 Desember 2017.

Secara intensif, pihaknya telah berkomunikasi dengan operator eksisting yaitu Total E&P Indonesie dan operator baru, PT Pertamkna (Persero) membahas PTK tersebut. Direncanakan, pada hari ini pihaknya menandatangani PTK yang memayungi investasi Pertamina di Blok Mahakam.

“Besok PTK-nya ditandatangani,” ujarnya seusai penandatanganan pembiayaan Proyek Tangguh Train III di Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Setelah itu, katanya, pihaknya akan membahas terkait nilai investasi yang akan dikucurkan untuk menjaga produksi Blok Mahakam pascaperalihan operator.

Saat ini, katanya, baru dilakukan pembahasan tingkat awal sebelum menyentuh rencana kerja dan anggaran (work plan and budget/WP&B) untuk 2017. Pembahasan WP&B, katanya, dilakukan pada Oktober 2016.

Paling tidak, katanya, pada pekan depan telah diketahui berapa investasi yang dibutuhkan pada masa transisi. “Kan baru pre-WP&B. Belum . Sekarang kan baru ini dua tiga hari ini. Minggu depan baru ketahuan ,” katanya.

Editor : Yusuf Waluyo Jati

source : bisnis.com