Saka Energi Bidik Produksi Lapangan Sidayu Mulai 2019

Lucky Leonard – Kamis, 29/09/2016 22:39 WIB

23

Bisnis.com, GRESIK – PT Saka Energi Indonesia (SEI) menargetkan bisa memulai produksi migas dari lapangan Sidayu, Blok Pangkah, pada 2019.

Direktur Utama SEI Tumbur Parlindungan mengatakan proses penemuan (discovery) cadangan minyak di lokasi tersebut diperkirakan selesai akhir tahun ini. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan periode plan of development (PoD).

“Kita bisa submit (PoD) pertengahan tahun depan paling cepat. Tergantung proses pengumpulan datanya,” katanya di Kawasan Industri Maspion, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (29/9/2016).

Menurutnya, target itu bisa tercapai lantaran pihaknya sudah menyiapkan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) sejak 2 tahun lalu. Selain itu, beberapa persiapan lainnya dilakukan secara paralel.

Adnak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. tersebut baru saja menemukan cadangan minyak di sumur eksplorasi Sidayu-4V yang mampu menghasilkan 2.500 barel minyak per hari.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengeboran di lokasi itu senilai U$17 juta. Nilai tersebut jauh di bawah biaya yang harus dirogoh ketika harga minyak masih berada di kisaran US$100 per barel.

“Waktu di South Sesulu 2014 lalu sampai US$38 juta. Nanti ke depannya mungkin bisa ditekan lagi di kisaran US$15 juta. Kalau development sekitar US$6-US$7 juta,” ujarnya.

Editor : M. Syahran W. Lubis

Source : bisnis.com