PROYEK PEMBANGKIT: Medco Ubah Mitra Dalam PLTGU Jawa I

Annisa Lestari Ciptaningtyas – Selasa, 19/07/2016 21:48 WIB

130227_medco

Bisnis.com, JAKARTA – PT Medco Power Generation Indonesia mengganti partner bisnisnya dalam mengikuti proyek lelang Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa I yang berlokasi di Muara Tawar, Jawa Barat.

Direktur Utama Medco Power Generation Lukman Mahfoedz menjelaskan pihaknya kini menggandeng perusahaan asal Korea Selatan yakni Korea Power Electric Corporation (Kepco) dan Nebras Power Qatar sebagai mitra pembangunan PLTGU Jawa I.

“Kami butuh partner yang berkomitmen tinggi terhadap proyek ini. PLTGU Jawa I termasuk salah satu gas combined cycle terbesar di dunia,” kata Lukman dalam pesan singkatnya kepada Bisnis, Selasa (19/7/2016) malam.

Sebelumnya, Medco menggandeng Mitsui & Co. Ltd dalam tender pembangkit dengan total kapasitas 1.600 megawatt (MW). Dia mengaku sudah melaporkan perubahan komposisi konsorsium ini kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pada 24 Juni lalu.

Adapun proyek ini sempat mengalami perubahan skema pasokan energi primer. Awalnya, dalam sosialisasi PLN menyerahkan pasokan energi, yakni gas yang akan disediakan oleh pemenang tender.

Namun demikian, di tengah jalan sebelum tender resmi dibuka PLN memutuskan untuk menyediakan gas sendiri. Sehingga pemenang tender hanya membangun pembangkit serta infrastruktur gas.

Direktur Pengadaan PLN Supangkat Iwan Santoso menjelaskan perubahan ini dimaksud untuk mengutamakan gas domestik sebagai sumber energi. Selain itu, penyediaan gas melalui perseroan juga dinilai lebih efisien.

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Source : bisnis.com