Proyek LNG Masela Dibangun Onshore, Menteri ESDM: Saya Orang Offshore

Maikel Jefriando – detikfinance
Jumat, 29/07/2016 16:30 WIB
46073c9b-f96c-4be8-ae76-a02d1055e740_169
Jakarta -Pada 23 Maret 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan pengembangan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) di Blok Abadi, Masela dilakukan di darat, atau dikenal dengan istilah onshore.

Saat pergantian menteri yang berlangsung tiga hari lalu, Jokowi mengumumkan nama baru pengisi posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yaitu Arcandra Tahar. Melihat sejarahnya, Arcandra adalah ahli di bidang offshore atau pengembangan proyek migas tengah laut.

“Ini menarik soal Masela, saya kan orang offshore. Punya latar belakang offshore sedangkan yang diputuskan adalah onshore,” kata Arcandra, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Arcandra menjelaskan, sejatinya blok Abadi berada pada wilayah offshore. Baik dari sumur, pengeboran, hingga fasilitas proses. Keputusan pemerintah hanyalah pada bagian pengembangan LNG.

“Jadi apa dibikin di offshore atau LNG gas kita bawa ke darat trus diproses di onshore,” terangnya.

Ia menilai tidak ada yang salah dengan keputusan pemerintah. Keputusan pengembangan LNG di darat akan tetap dijalankan ke depannya.

“Masela sudah diputuskan untuk menggunakan onshore, saya sebagai pembantu akan menjalankan amanat agar Masela dikembangkan dengan pilihan LNG plant ada di onshore,” papar Arcandra.

Source : detik.com