Pertamina Targetkan Rasio Cadangan Migas Tumbuh Hingga 400%

Lucky Leonard Kamis, 18/08/2016 19:05 WIB

1Kantor Pertamina di Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) memproyeksikan rasio cadangan migas atau reserve replacement ratio (RRR) tumbuh 200%–400% per tahun untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Adapun penurunan produksi alamiah (decline) dan anjloknya harga minyak dunia menjadi tantangan terbesar Pertamina saat ini.

Bambang Manumayoso, Ketua Tim Tata Kelola (Tranformasi) Upstream Pertamina, mengatakan berbagai upaya dilakukan tidak hanya untuk bisa bertahan saat ini, namun juga bagaimana tetap bisa tumbuh ke depannya. Menurutnya, hal ini dilakukan karena Pertamina merupakan kepanjangan tangan pemerintah yang harus mengamankan energi nasional.

“Pertamina adalah Indonesian Flag Carrier. Pertamina yang menurut undang-undang, satu-satunya yang harus menjaga ketahanan energi nasional, baik migas maupun geothermal,” kata Bambang melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Kamis (18/8/2016).

Menurutya, upaya yang dilakukan Pertamina saat ini adalah menahan penurunan produksi dengan menggunakan teknologi tepat guna. Selain itu, Pertamina juga harus terus melakukan eksplorasi untuk menggantikan maupun menambah cadangan yang sudah diproduksikan.

“Strategi hulu Pertamina yaitu bagaimana caranya produksi dan reserve replacement ratio (RRR) migas harus bisa naik, sehingga reserves yang sudah diproduksikan dapat digantikan dengan reserves baru yang lebih tinggi,” katanya.

Pertamina memproyeksikan pertumbuhan produksi migas 8% per tahun sepanjang 2015-2030. Pada periode 2010-2015, performance produksi migas perseroan rata-rata tumbuh 6% per tahun dengan cadangan migas rata-rata meningkat 4,4% per tahun.

Editor : Fatkhul Maskur

Source : bisnis.com