Pertamina Bidik Blok Di Afrika Dan Timur Tengah

Duwi Setiya Ariyanti – Senin, 01/08/2016 23:15 WIB

pertamina

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (persero) membidik blok-blok produksi di Afrika dan Timur Tengah sebagai target akuisisi berikutnya karena faktor jenis minyak yang dihasilkan dan tantangan dari aspek geologinya.

Senior Vice President Pengembangan Bisnis Hulu Pertamina, Denie Tampubolon mengatakan terkait rencana akuisisi perusahaan lainnya, dia belum mau secara detail menginformasikan. Pastinya, jenis minyak dan lokasi asetnya akan menjadi pertimbangan utama. Aset yang berada di Afrika dan Timur Tengah, dia menganggap masih menjadi target dibandingkan dengan aset yang berada di Amerika Latin karena mayoritas berada di laut dalam.

“Favorit kami masih di situ ,” ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Adapun, setelah perjanjian jual beli saham (sales purchase agreement/SPE) dilakukan dengan Maurel&Prom, pihaknya akan melakukan penawaran terhadap pemegang saham lain apakah berminat untuk melepas sahamnya.

Adapun, bila proses berjalan lancar, Pertamina berpeluang menguasai 100% pada November atau Desember 2016. Guna memuluskan rencana tersebut, pihaknya harus mendapat persetujuan izin dari negara tempat aset tersebut berada baik untuk blok produksi, pengembangan dan eksplorasi.

Dengan demikian, pihaknya berharap total produksi bisa dibawa dan diolah di dalam negeri. Kendati mayoritas aset merupakan blok eksplorasi, pihaknya telah memperhitungkan untuk investasinya. Menurutnya, untuk mengembangkan blok eksplorasinya diperlukan €30 juta hingga €40 juta untuk tiga sampai lima tahun.

“Awal November atau Desember akan diselesaikan,” ujarnya.

Source : bisnis.com