Pelindo III Bidik Kenaikan Arus Petikemas 5,7%

Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta. – Antara
Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) membidik arus petikemas sebesar 4.877.742 TEUs hingga akhir 2017 atau tumbuh 5,77% secara tahunan. Hingga paruh pertama, realisasi target telah mencapai 48,72%.
VP Corporate Communication  Pelindo III, Widyaswendra mengatakan pertumbuhan tersebut bakal disokong oleh pertumbuhan ekonomi di tujuh provinsi yang masuk dalam cakupan wilayah kerja perseroan.
Saat ini, Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang berlokasi di JawaTimur, Jawa Tengah, dan  Kalimantan Selatan. Sejumlah pelabuhan di Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur juga masuk dalam wilayah kerja perseroan.
Widyaswendra menuturkan, peningkatan permintaan komoditas barang di sejumlah daerah juga turut menjadi motor pertumbuhan arus peti kemas. “Terlebih kedalaman alur pelayaran Barat Surabaya telah bisa mengakomodasi kapal-kapal berbobot besar.”
“Bertumbuhnya bisnis-bisnis baru di wilayah sekitar pelabuhan, seperti peningkatan kunjungan kapal curah cair bertonase besar di Pelabuhan Tanjung Wangi dan peningkatan kunjungan kapal curah kering bertonase besar di Pelabuhan Banjarmasin juga menjadi faktor pertumbuhan,” jelasnya dalam keterangan tertulis kepada Bisnis, dikutip Rabu (26/7).
Dalam enam bulan 2017, Pelindo III mencatat kenaikan arus peti kemas 3% menjadi  2.376.592 TEUs dibandingkan dengan periode yang sama  2016. Dengan kata lain, dalam satu semester, realisasi target arus peti kemas mencapai 48,72%.
Sementara itu, kinerja kunjungan kapal juga mencatat kenaikan 7% menjadi 116.675.651 GT dibanding periode yang sama  2016. Kendati demikian, arus kunjungan kapal dalam unit mengalami penurunan  7% menjadi 28.785 kapal. Penurunan tersebut disebabkan karena kunjungan kapal didominasi kapal berukuran besar.
Secara khusus, Pelindo III Tanjung Perak mencatat kenaikan arus peti kemas  31% atau lebih tinggi dari total konsolidasi Pelindo III.
Kepala Humas Pelindo III Tanjung perak, Fernandes A. Ginting, mengatakan total bongkar muat peti kemas selama semester I/2017 mencapai 287.991 TEUs
Dia menerangkan, kenaikan kinerja bongkar muat peti kemas berbanding lurus dengan arus kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak. Dalam enam bulan 2017, arus kapal mencapai 43.335.141 GT atau naik 2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Source : bisnis.com