Newmont Dibeli Arifin Panigoro, Pembangunan Smelter Bisa Dimulai?

Michael Agustinus – detikfinance
Senin, 11/07/2016 17:08 WIB
52031417-695f-44cc-94dc-acbbefce6029_169Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) sudah mengakuisisi PT Amman Mineral Internasional (AMI) yang mengendalikan 82,2% saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Nilai akuisisi US$ 2,6 miliar (Rp 33,8 triliun).

AMI sebelumnya membeli saham NNT dari Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation. Apakah dengan masuknya Medco ini Newmont dapat menjalankan kewajiban hilirisasi mineral di dalam negeri?

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM, Sujatmiko, berpendapat ada peluang untuk mendorong Newmont segera membangun smelter (pabrik pengolahan mineral).

Sebab, hubungan antara pemerintah dengan Newmont sekarang bisa lebih erat. Pemilik Newmont adalah orang Indonesia, tentu cenderung lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia.

“Pemerintah tidak melihat apakah swasta nasional atau asing, tapi kita berharap dengan beralihnya saham Newmont ke swasta nasional ini paling tidak komunikasi dan koordinasi bisa lebih baik dan lebih cepat,” kata Sujatmiko saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Dia menambahkan, manajemen Newmont juga bisa mengambil keputusan lebih cepat ketika bernegosiasi dengan pemerintah, tak perlu lagi meminta persetujuan dari kantor pusat yang berada jauh di seberang lautan.

“Misalnya selama ini Newmont perlu persetujuan kantor pusat di Denver, sekarang bisa dikurangi karena pemilik langsungnya di Indonesia. Itu salah satu peluang untuk mempercepat pembangunan smelter,” tutupnya.

Source : detik.com