Menhub Ajak Pengusaha Denmark dan Norwegia Sulap Pelabuhan di RI

Senin 28 Nov 2016, 11:33 WIB – Michael Agustinus – detikFinance

e189c01c-f7e9-4506-a696-d31d34540cd4_169Foto: Yulida Medistiara

Jakarta – Dalam acara Marine and Fisheries Business and Investment Forum di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pagi ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan keinginannya mengajak para pengusaha dari Denmark dan Norwegia ‘menyulap’ pelabuhan di Indonesia, agar dapat menjadi jalur penghubung (hub) pelayaran internasional.

Hal ini diungkapkan Budi usai bertemu dengan Duta Besar Denmark Casper Klynge, Duta Besar Norwegia Stig Traavik, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ada 33 perwakilan perusahaan dari Denmark dan Norwegia yang hadir dalam pertemuan.

“Kita ingin sekali salah satu pelabuhan kita menjadi hub internasional. Kita punya banyak sekali pelabuhan, banyak barang masuk keluar. Dua negara ini mampu berkolaborasi dengan kita memberikan jalan keluar,” kata Budi, saat ditemui di Kantor KKP, Jakarta, Senin (28/11/2016).

Budi juga mengundang perusahaan-perusahaan Denmark dan Norwegia untuk membuat pengelolaan pemanduan kapal di Selat Malaka yang melalui tiga negara; Indonesia, Malaysia, dan Singapura menjadi lebih baik, seperti pemanduan kapal di perairan Baltik yang juga melalui banyak negara Eropa.

“Secara khusus kita akan mengelola Selat Malaka yang selama ini tidak dikelola oleh siapa pun juga. Kita minta 1 BUMN Indonesia untuk kerja sama dengan salah satu perusahaan Denmark dan Norwegia. Kalau itu sudah dikelola dengan baik, kita bisa me-record siapa saja yang ada di sana,” ujar Budi.

Menurut Budi, kerja sama dengan Denmark dan Norwegia ini sangat bermanfaat bagi Indonesia karena kedua negara di Eropa bagian utara itu sangat maju di bidang maritim. Investor dari Denmark dan Norwegia diharapkan dapat membantu pembangunan kemaritiman Indonesia.

“Kerja sama dengan Norwegia dan Denmark ini strategis. Dua negara ini adalah negara maritim, mereka punya perusahaan-perusahaan yang sudah merajai laut dunia. Kita ingin sekali membuat aliansi dengan Denmark dan Norwegia,” pungkasnya. (wdl/wdl)

Source : detik.com