Luhut Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas Rp 300 M Tahun Depan

Luhut Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas Rp 300 M Tahun Depan

Jakarta – Pagu indikatif Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman tahun 2018 disepakati sebesar Rp 300,3 miliar. Jumlah ini turun sebanyak 14,32% dibandingkan alokasi anggaran tahun 2017 sebesar Rp 350,5 miliar.

Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan menuturkan, anggaran 2018 akan diarahkan untuk pelaksanaan kegiatan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan pembangunan kemaritiman.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan efisiensi dalam penggunaan anggaran tahun depan, di antaranya dengan mengurangi aktivitas belanja barang yang berhubungan dengan rapat dan perjalanan dinas.

“Kami banyak melakukan efisiensi, karena saya pikir ini penting. Sehingga biaya perjalanan, rapat banyak kami potong. Dan karyawan kami punya 177 PNS, dan 133 tenaga kontrak,” ungkapnya saat menghadiri rapat kerja di Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Dia menilai, program efisiensi penting dan perlu untuk dilakukan. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta kepada seluruh jajaran kabinet untuk lebih efisien dalam penggunaan anggaran.

“Untuk dana, kita efisiensi saja yang dilakukan. Kalau mau dana besar-besaran bisa saja, tapi kalau bisa dibikin efisien, ya efisien. Kadang kita sebagai pejabat ya ingin ramai-ramai kalau mau perjalanan dinas. Tapi kalau saya dicukupkan saja, yang penting cukup ada yang siapin presentasi saya, asisten saya yang dibawa ke mana-mana. Itu saja,” pungkasnya.(mkj/mkj)

Source : detik.com