Lahirkan Startup Pembiayaan, OJK dan Kadin Gelar Indonesia Fintech Fest

Ardan Adhi Chandra – detikfinance
Kamis, 25/08/2016 17:51 WIB
12
Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akan menggelar rangkaian acara Indonesia Fintech Festival & Conference 2016 pada tanggal 29-30 Agustus 2016 di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) BSD Tangerag, Banten.

Acara yang digelar selama dua hari ini akan dibuka oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad yang juga rencananya akan dihadiri oleh beberapa jajaran menteri kabinet kerja seperti Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Kemudian di hari kedua 30 Agustus 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan hadir memberikan opening ceremony yang nantinya dilanjutkan dengan seminar.

Menurut Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK Dumoly F. Pardede, rangkaian acara tersebut diadakan untuk mengembangkan pelaku industri financial technology (fintech) melalui berbagai rangkaian pelatihan dan seminar. Dengan demikian pertumbuhan industri pembayaran lewat teknologi bisa tumbuh semakin pesat.

“Ada conference seminar internasional fintech dalam kegiatan coaching calon start up fintech,” kata Dumoly saat media briefing di Kantor OJK, Jakarta Pusat, Kamis (25/8/2016).

Saat ini kebutuhan akan sistem pembayaran yang mudah dan aman sudah menjadi tren di berbagai negara. Berbagai negara di dunia termasuk Indonesia sudah menerapkan sistem pembayaran berbasis elektronik mulai dari e-money hingga pembayaran berbasis handphone.

“Masyarakat Indonesia memiliki sekurang-kurangnya satu nomor HP di seluruh Indonesia. Suatu kemewahan yang bagus, financial activities melalui telekomunikasi dan sistem IT,” tutur Dumoly.

Dengan dilaksanakannya Indonesia Fintech Festival & Conference 2016 diharapkan dapat melahirkan pelaku startup di bidang pembiayaan baru di Indonesia. Layanan pembayaran berbasis teknologi informasi di Indonesia perlahan mulai menggeser sistem pembayaran tunai yang konvensional. Sehingga masyarakat memiliki lebih banyak akses pembayaran lewat sistem online.

“Kami mengharapkan ini suatu ajang konsensus melahirkan startup-startup baru yang betul-betul jenius dan memabanggakan Indonesia. Kita mau bikin festival fintech terbesar di seluruh Asia Tenggara dan bergengsi,” ujar Dumoly.

Acara yang akan diselenggarakan di gelaran Indonesia Fintech Festival & Conference 2016, antara lain startup competition, startup mentoring, speed dating, dan konferensi sebagai penutup rangkaian acara. Sebagai penutupan acara juga akan ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara OJK dengan Kedutaan Besar Belanda di Jakarta terkait kerja sama dalam bidang inklusi keuangan. (ang/ang)

source : bisnis.com