Kontraktor Gas Mencari Kepastian

Priyo Susilo — Kamis, 09/03/2017 — 03:46 WIB

/tambang.co

Bisnis.com, JAKARTA – Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Kamis, 9 Maret 2017.

Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. MANUVER KONTRAKTOR MIGAS ; Mencari Kepastian
Sebanyak 27 blok migas bakal habis masa berlaku kontraknya sebelum 2023 dan belum ada kepastian perpanjangan. Pemegang kontrak pun mulai mendekati elite pemerintah.

ASET MANAJEMEN ; MI Rambah Pasar Asing
Perusahaan Manajer Investasi makin giat menggarap investor asing, mulai dari membuka anak usaha di luar negeri, menjalin kerja sama penjualan, hingga menggandeng bank-bank asing sebagai agen penjual reksa dana.

PRODUK OBAT FITOFARMAKA ; Terasing di Negeri Sendiri
Jauh sebelum konon nenek moyang Bangsa Indonesia sudah mengenal tanaman rempah yang tumbuh negeri ini lahir, di sekeliling rumah mereka untuk mengobati segala macam penyakit. Kala itu, tanaman kunyit misalnya, sudah digunakan untuk memperhalus kulit wajah.

Hal 2. Mengakhiri Kisruh Kepemimpinan Pertamina
Pencopotan ‘matahari kembar’, Direktur Utama (Dirut) dan Wakil Dirut Pertamina, rupanya belum menyelesaikan kisruh kepemimpin- an Pertamina.

FAHMY RADHI ; Pengamat Ekonomi Energi UGM Mantan Anggota Reformasi Tata Kelola Migas

Hal 3. PENERBANGAN RI–ARAB SAUDI ; Kuota Frek uensi Terbang Dibuka
Operator penerbangan dalam negeri siap mengambil peluang pangsa pasar rute penerbangan Indonesia–Arab Saudi seiring dengan disepakatinya kuota frekuensi terbang tidak terbatas dari otoritas penerbangan kedua negara.

Hal 4. TRANSFER KE DAERAH ; Simpanan Pemda Berkurang
Nilai penggelontoran transfer ke daerah yang lebih rendah pada awal tahun ini berimplikasi pada penurunan posisi simpanan pemerintah daerah di perbankan.

Hal 5. PENERIMAAN PAJAK ; Memburu Kartel Pangan
Pada akhir Februari, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara tegas mengingatkan akan melacak semua sektor yang berkontribusi rendah terhadap penerimaan negara di sektor pajak.

Hal 6. LELANG FREKUENSI ; DPR Usulkan Pengenaan Pajak Progresif
Kementerian Komunikasi dan Informatika diminta agar tak membatasi peserta lelang pita frekuensi radio 2.1 GHz dan 2.3 GHz hanya dapat memenangkan satu blok. Sebagai solusi, pemerintah bisa mengenakan pajak progresif bagi pemenang lebih dari satu spektrum.

Hal 7. TRANSMISI LISTRIK ; Perundingan Soal Lahan Masih Buntu
PT Perusahaan Listrik Negara menyatakan tidak bisa menerima usulan perusahaan perkebunan agar BUMN kelistrikan itu membangun jaringan transmisi Lampung—Sumatra Selatan melalui jalur bawah tanah.

Hal 8. PAJAK IMPOR KAPAL WISATA ; Pengusaha Minta Keringanan
Pelaku usaha kapal wisata di Bali meminta pemerintah menurunkan tarif pajak impor kapal laut untuk mempermudah pelaku usaha dalam menggerakkan wisata bahari di Indonesia.

Hal 9. KALTARA INVESTMENT FORUM 2017 ; Isu Infrastruktur Jadi Prioritas
Sejumlah kepala daerah di Kalimantan Utara menuntut perhatian dari pemerintah pusat untuk mendukung perbaikan infrastruktur di daerahnya seiring dengan tengah gencarnya promosi investasi.

Hal 10. COUNTRY MANAGER PT ALLPROPERTY MEDIA WASUDEWAN ; Ingin Jadi Andalan di Properti
Penetrasi teknologi yang kian masif ke seluruh sendi kehidupan dan bisnis, membuat industri properti dituntut gesit berinovasi agar tak terlindas oleh kerasnya persaingan.

Hal 11. PENYELESAIAN UTANG ; Humpuss Tunggu Relokasi
PT Humpuss Pengolahan Minyak, kelompok bisnis di bawah bendera Grup Humpuss milik pengusaha nasional Hutomo Mandala Putra bersedia menyelesaikan kewajiban utangnya jika skema relokasi kilang minyak yang dimiliki perseroan berjalan lancar.

Hal 12. PENERIMA SUAP PROYEK E-KTP ; Pembuktian di Pengadilan
Pimpinan DPR meminta agar pembuktian nama-nama yang diduga tersangkut kasus megakorupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik diuji di pengadilan. Sidang perdana kasus proyek e-KTP itu rencananya digelar hari ini.

Source : bisnis.com