Kemenhub akan Pesan 100 Kapal Rakyat Buatan Industri Lokal

Kemenhub akan Pesan 100 Kapal Rakyat Buatan Industri Lokal

Pati – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memesan 100 kapal pelayaran rakyat (Pelra) dari industri pembuat kapal tradisional untuk meningkatkan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Salah satu pembuat kapal yang akan dipesan yaitu di galangan kapal Bumirejo di Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyempatkan datang ke galangan kapal Bumirejo dan melihat proses pembuatan kapal. Menhub cukup takjub dengan hasil dan kualitas kapal di sana.

“Saya lihat hasil pengerjaannya bagus sekali, kapal dibuat dengan kayu merbau. Jadi industri-industri kapal seperti ini yang harus dihidupkan kembali karena ini adalah kearifan lokal, tidak banyak orang yang bisa,” kata Budi Karya, Kamis (23/3/2017).

Sebanyak 100 kapal Pelra yang dipesan itu nantinya akan diberikan ke sejumlah daerah sehingga konektivitas logistik di daerah yang selama ini kurang memperoleh akses kapal logistik bisa terjangkau.

“Jadi 100 kapal ini akan kita berikan ke beberapa Pemda atau Yayasan supaya mereka mendapat kapal baru yang bagus dengan harapan industri perkapalan menjadi berkembang, dan pelayaran rakyat semakin bagus sehingga konektivitas logistik dari satu pulau ke pulau, dari satu tempat ke tempat lain menjadi lebih cepat,” tandasnya.

Menhub berharap industri pembuatan kapal rakyat tersebut bisa diikutkan dalam tender pengadaan 100 kapal Pelra yang salah satu spesifikasinya berbobot 35 GT.

“Saya harap mereka bisa ikut dan menang tender supaya industri ini bisa maju dan berkembang,” tandasnya.

Pemilik galangan kapal Bumirejo, Rohmat menambahkan dalam setahun setidaknya bisa diproduksi 3 unit kapal. Namun menurutnya kapal yang akan dipesan Kemenhub akan lebih mudah dan murah karena bukan kapal pencari ikan yang butuh banyak peralatan.

“Kebanyakan order atau pesanan dari pribadi. Kalau yang kapasitasnya sekitar 150 GT. Biaya produksinya sekitar Rp 9 sampai Rp 10 miliar,” tandasnya. (alg/ang)

Source : detik.com