Kapal Kontainer Besar Titus Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Kapal CMA/CGM Titus sandar di JICT sekitar pukul 05.20 WIB. Sumber foto : kiriman WA dari Pak Prasetyadi Direktur Operasional dan Sistem Informasi PT Pelindo II.

Bisnis.com, JAKARTA – Kapal kontainer raksasa CMA-CGM Titus dengan kapasitas hingga sekitar 8.500 TEUs yang akan mengangkut barang-barang petikemas ekspor ke Amerika, telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (9/4/2017).

Prasetyadi, Direktur Operasional dan Sistem Informasi PT Pelindo II / IPC mengatakan kapal dengan bobot 95.367 ton dan panjang 335 meter berkapasitas pasti 8.469 ton dan memiliki estimasi kedalaman draft sekitar -14 mLWS itu tiba dan sandar di Jakarta International Terminal Container (JICT) sekitar pukul 05.20 WIB.

“CMA-CGM Titus sudah sandar di dermaga JICT jam 5.20 WIB,” ujarnya, Minggu (9/4/2017).

Kapal kategori Post Panamax Plus milik perusahaan kapal kontainer raksasa asal Prancis, CMA-CGM itu tiba dan sandar di JICT langsung melakukan pengangkutan kontainer yang direncanakan sebanyak 2.300 TEUs.

CMA-CGM Titus menjadi kapal kontainer terbesar pertama yang pernah melayari Pelabuhan Tanjung Priok dan akan mengangkut barang barang yang akan di ekspor ke Amerika.

Direncanakan, kapal tersebut akan melayani jasa pengangkutan barang dari dan ke Amerika dengan nama layanan Java Sea Express (JAX) setiap sepekan sekali, yang akan dimulai padai hari ini, Minggu (9/4/2017).

Prasetyadi berharap dengan hadirnya CMA-CGM Titus, dapat menjadi trigger bagi kedatangan kapal kapal besar lainnya, sehingga langkah awal mewujudkan Tanjung Priok sebagai transshipment port juga dapat tercapai dengan baik.

Selain itu, kata dia, dengan kapal besar, diharapkan biaya yang harus dikeluarkan pemilik barang dapat ditekan menjadi lebih rendah sehingga pada ujungnya dapat menekan biaya logistik yang tinggi di tanah air.

Dijadwalkan, Menhub Budi Karya Sumadi juga akan menghadiri ceremonial penyambutan kedatangan kapal tersebut siang di ini di JICT.

Source : bisnis.com