Kapal Kelas Ekonomi Pelni Dilengkapi Kasur Tingkat

Minggu 04 Dec 2016, 16:33 WIB

Yulida Medistiara – detikFinance

6

Sukabumi – Untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang kelas ekonomi, PT Pelni melakukan modifikasi tempat tidur kapal. Tempat tidur kelas ekonomi yang sebelumnya biasa saja, menjadi double tier atau tempat tidur bertingkat.

Direktur Komersial PT Pelni Harry Boediarto mengatakan, tempat tidur tingkat tersebut untuk meningkatkan kapasitas penumpang. Mantan Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kemenhub itu menyebut, ide awalnya membuat tempat tidur tingkat ini untuk mengakomodasi pembatasan penumpang yang diberlakukan sejak 2014 lalu.

“Dengan double tier, kapasitasnya menjadi bertambah 700 bed,” kata Harry, dalam Media Gathering, di Citarik, Sukabumi, Minggu (4/12/2016).

7

Pembatasan penumpang tersebut seperti diketahui untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan. Hal tersebut telah sesuai dengan peraturan dari Kemenhub dan hasil kajian penambahan kapasitas.

“Pelni bersama Kemenhub menghitung kapasitas angkut setiap kapal. Hasil hitungan itu kami tindak lanjuti dengan modifikasi tempat tidur menjadi tingkat,” kata Harry.

Kapal-kapal yang masuk docking tahunan langsung dilakukan modifikasi bed susun. Saat ini bed susun sudah diterapkan di KM. Kelud Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai-Belawan. KM Tidar Tanjung Priok-Surabaya-Makassar-Bau-Bau-Ambon-Bandanaira-Tual-Dobo-Fakfak.

Bed di kelas ekonomi yang dimodifikasi di dek 3 belakang, lambung kiri, dan dek depan. Sementara untuk di dek 4 hampir seluruhnya diganti dengan bed model susun.

“Selain memodifikasi bed, Pelni juga mengubah warna kasur, sebelumnya hitam diganti hijau muda dengan tampilan lebih cerah,” kata Harry. (drk/drk)

Source : detik.com