Jonan Temui Pemain Besar Migas dalam Lawatan ke Jepang

Jonan Temui Pemain Besar Migas dalam Lawatan ke JepangMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengadakan kunjungan kerja ke Jepang mulai Senin (16/10) hingga Rabu (18/10) mendatang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengadakan kunjungan kerja ke Jepang mulai Senin (16/10) hingga Rabu (18/10) mendatang.

Rencananya, mantan Menteri Perhubungan ini akan bertemu dengan pelaku usaha migas negeri Sakura tersebut.

Sebagai kunjungan pertama, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, Jonan akan bertemu dengan LNG Japan Corporation.

Ini adalah perusahaan yang bergerak di sektor bisnis LNG mulai dari proses pengembangan hulu gas, eksplorasi, pengangkutan dan pembongkaran LNG di terminal.

Lihat juga:Mulai Besok, Harga BBM di Sambas Sama dengan Jakarta

Salah satu aktivitas Japan LNG Corporation di Indonesia adalah proyek LNG Tangguh. Diketahui, perusahaan itu memegang hak partisipasi sebesar 46 persen.

“Di hari yang sama, Menteri ESDM juga akan melakukan pertemuan dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC),” ujar Dadan melalui siaran pers dikutip Senin (18/10).

Keesokan harinya, Jonan direncanakan akan bertemu dua perusahaan migas, yakni Japan Petroleum Exploration Co. Ltd (Japex) dan Inpex Corporation. Kunjungan ke Inpex ini menindaklanjuti lawatan Mei lalu, saat kedua pihak membicarakan tingkat produksi blok Mahakam.

Mengharap Tokyo Gas

Di hari yang sama, Jonan akan bertemu dengan Mitsubishi Corporation dan dilanjutkan bertemu dengan Tokyo Gas dalam menindaklanjuti pertemuan pada Mei lalu.

“Dalam pertemuan dengan Tokyo Gas medio Mei lalu, Menteri ESDM menyambut positif harapan Tokyo Gas agar Indonesia tetap memasok kebutuhan akan gas dan tawaran dari Tokyo Gas untuk membawa teknologi gasnya ke Indonesia,” tambahnya.

Di hari terakhirnya, Jonan akan menjadi pembicara di dalam LNG Producer -Consumer Conference 2017.

Lihat juga : Perpanjangan Pembatasan Produksi OPEC Kerek Harga Minyak

Dalam perhelatan ini, Jonan akan menyampaikan materi tentang pengembangan LNG berkelanjutan di Indonesia yang dilanjutkan pertemuan dengan Menteri Energi, Perdagangan dan Industri Jepang, Hiroshige Seko.

“Konferensi ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman bersama mengenai tren pasar dan pengembangan pasar LNG global. Konferensi yang dihadiri lebih dari seribu orang peserta ini akan dihadiri oleh wakil pemerintah, bisnis dan institusi riset,” kata Dadan.

Source : cnnindonesia.com