Jonan Lantik Ego Syahrial Jadi Dirjen Migas

190717-dg-bisnis-9listrikMenteri ESDM Ignasius Jonan berbicara pada seminar Powering Indonesia 2017, di Jakarta, Rabu (1/7). – JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA–Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik Ego Syahrial yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Geologi menjadi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi menggantikan IGN Wiratmaja Puja.

Menurut Jonan, Ego Syahrial cocok menduduki jabatan Dirjen Migas untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi. Selain itu, dia menyebut Ego yang tahun lalu ditugaskan sebagai Kepala Badan Geologi ini diharapkan bisa mendorong penerapan kegiatan pengurasan minyak lanjutan (enhanced oil recovery/EOR).

Seperti diketahui, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016 lifting realisasi 829.000 barel per hari (bph) minyak dan 1.184 ribu barel setara minyak per hari (mboepd) gas. Sementara, pada APBNP 2017, lifting minyak ditarget 815.000 bph dan gas 1.150 mboepd.

Dari realisasi investasi paruh pertama 2017, dari US$3,98 miliar, US$3,96 miliar di antaranya dibelanjakan untuk kegiatan eksploitasi dan US$0,02 miliar untuk kegiatan eksplorasi.

Terkait kegiatan EOR, dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), diperkirakan laju penurunan produksi minyak rata-rata sebesar 6% per tahun. Adapun, tambahan produksi minyak bisa diperoleh dari kegiatan pencarian cadangan baru atau eksplorasi juga EOR dari lapangan-lapangan tertentu.

Ditargetkan, kontribusi EOR terhadap produksi minyak nasional terlihat hasilnya pada 2020 dengan jumlah cadangan yang dipulihkan sampai 2050 sebesar 2,5 miliar barel.

“Kita perlu di bidang Geologi (untuk) meningkatkan upaya eksplorasi. Upaya melakukan EOR yang benar,” ujarnya di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Ego sendiri sebelumnya menamatkan pendidikan Strata Satu Teknik Perminyakan di Universitas Trisakti. Setelah itu, Ego melanjutkan studi ke Imperial College London dan University of London.

Sementara itu, Jonan menilai IGN Wiratmaja Puja yang telah menjabat sebagai Dirjen Migas selama dua tahun itu lebih cocok untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia dengan pengalamannya sebagai akademisi.

Menurutnya, Wiratmaja bisa mengemban tugas pada jabatan baru sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Mineral (BPSDM)

“40 tahun lalu lulusan STEM Akamigas sampai jadi direktur Pertamina. Sekarang ini makin lama makin surut,” katanya.

Selain itu, Jonan pun melantik 39 pejabat lainnya. Rincinya, Eselon I sebanyak 1 orang, Eselon II enam orang, Eselon III lima orang, Eselon IV 15 orang dan pejabat fungsional 12 orang. Jonan berpesan agar pejabat yang mendapatkan promosi semakin baik kinerjanya.

“Kalau yang dapat promosi, itu cara berpikirnya diperbaiki jadi semakin baik,” katanya.

Source : bisnis.com