Jokowi Resmikan Pelabuhan New Priok Pagi Ini

Maikel Jefriando – detikfinance
Selasa, 13/09/2016 08:31 WIB
6Foto: Maikel Jefriando
Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini bakal meresmikan pengoperasian terminal petikemas atau New Priok Container Terminal (NPCT) 1 Kalibaru, Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima detikFinance, Selasa (13/9/2016), Jokowi akan tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung mengikuti jalannya acara.

Beberapa menteri dijadwalkan hadir, di antaranya adalah Menko Maritim Luhut B Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dan Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya.

Seperti diketahui, New Priok Container Terminal (NPCT) dijalankan oleh Joint Venture Company antara Pelindo II dan Konsorsium Mitsui – PSA – NYK Line.

7
Terminal ini dioperasikan secara komersial sejak 18 Agustus 2016, dan telah melalui proses uji coba operasi untuk pelayaran Internasional dengan mendatangkan beberapa kapal, seperti Kapal Uni Perfect bongkar muat 425 box pada 3 Agustus 2016 dan Kapal MV Leo Perdana bongkar muat 343 box pada 2 Juli 2016.

Pembangunan terminal ditujukan untuk peningkatan kapasitas, guna mengantisipasi pertumbuhan arus petikemas dan kargo di pelabuhan Tanjung Priok. Dengan adanya terminal ini, maka kapasitas Tanjung Priok bertambah 1,5 juta TEUs per tahun. (mkl/wdl)

Source : detik.com