Inikah Alasan Menteri Rini Copot Dirut dan Wadirut Pertamina?

Februari 03 / 2017  —  15:45 WIB
Oleh : Yodie Hardiyan

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku sedih telah mencopot Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang sebagai Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

‘’Saya mengetahui keduanya dan saya salah satu yang mendukung pemilihannya Pak Tjip dan Pak Tjip bukan orang Pertamina. Itu pun juga posisinya membuat berat.. Tapi kami harap bisa berjalan dengan baik dan Alhamdulillah itu berjalan dengan baik,’’ kata Rini di ruang kerjanya, Jumat (3/2/2017).

19Rini Soemarno: mengaku sedih mencopot Dirut dan Wadirut Pertamina. – JIBI/Dwi Prasetya

Seperti diketahui, Dwi Soetjipto ditunjuk oleh Rini untuk menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina sejak November 2014 atau sebulan setelah Joko Widodo resmi menjabat sebagai Presiden RI.

Sebelumnya, Dwi bukan orang dalam Pertamina atau tidak menjalani proses karirnya di Pertamina. Dwi bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan semen hingga menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Pada Kamis (2/2/2017), Rini menandatangani surat pemberhentian Dwi dan Ahmad sebagai Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama setelah melapor kepada Presiden Joko Widodo. Pemberhentian itu dianggap sebagai salah satu upaya menstabilkan Pertamina.

Rini mengatakan masalah di dewan direksi Pertamina adalah masalah kepempimpinan dan masalah kepribadian. Rini mengiyakan soal konflik di antara Dwi dan Ahmad.

‘’Tolong tanya mereka. Yang satu kalau ditanya enggak ada apa-apa. Di luar enggak ada apa-apa. Tapi ternyata orang di dalam ngomong ada apa-apa,’’ kata Rini.

Source : bisnis.com