INDUSTRI MIGAS: SKK Migas Pesimistis Realisasi Investasi Hulu Tercapai

December 05 / 2016 — 21:40 WIB
Oleh : Duwi Setiya Ariyanti

Bisnis.com, JAKARTA – Realisasi investasi hulu minyak dan gas bumi ditarget menyentuh angka US$11,4 miliar pada akhir tahun 2016 atau lebih rendah dari target yakni US$12,05 miliar.

Deputi Bidang Pengendalian Keuangan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Parulian Sihotang mengatakan target investasi tak akan tercapai karena masih terdampak rendahnya harga minyak. Dengan demikian, kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) menurunkan kegiatan pada 2016. 

Berdasarkan data SKK Migas, realisasi hingga 30 November 2016 tercapai sebesar US$10,43 miliar dengan mayoritas berasal dari kegiatan produksi. Investasi produksi sebesar US$10,3 miliar dan US$309 juta di sektor eksplorasi.

SKK Migas mencatat terdapat 10 fasilitas produksi migas baru yang dapat selesai pada 2016 ini. Sepuluh proyek tersebut yakni, Train-B Blok Cepu (ExxonMobil Cepu Limited), onshore receiving facility (ORF) Lapangan Bukit Tua (Petronas Carigali Ketapang 2 Limited), Donggi dan Pondok Makmur (PT Pertamina EP), Dayung Compression-2 (ConocoPhilips Grissik Ltd), IDD Bangka (Chevron Indonesia Company), North Duri Development Area 13 (PT Chevron Pacific Indonesia), Karendan (Ophir Energy), KRA South (Star Energy Kakap Ltd), dan Ario Damar-Sriwijaya Phase-1 (Tropik Pandan Energy).

Rendahnya realisasi investasi disebabkan jumlah beberapa kegiatan yang dilakukan juga belum seperti yang direncanakan. Adapun, realisasi pengeboran sumur eksplorasi baru 43 unit dari target 67 unit dan sumur pengeboran pengembangan 223 sumur dari target 245 sumur.

“Paling US$11,4 miliar banyak pengurangan kegiatan karena harga,” ujarnya usai Rapat Dengar Pendapat Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat, Senin (5/12).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan untuk investasi tahun depan belum bisa diperkirakan karena menanti proses penyusunan program kerja dan anggaran (work plan and budget/WP&B) 2017 rampung.

Untuk lifting, dia optimistis target lifitng minyak dan gas tercapai yakni 821.800 barel per hari (bph) minyak dan 6.643 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMscfd) gas

“Ada penurunan 13,3% kalau tidak melakukan apa-apa. 2016 cukup bagus untuk mempertahankan decliningnya,” katanya.

Source : bisnis.com