Harga minyak naik karena OPEC mulai kurangi produksi

| 1.901 Views

30Ilustrasi ekskalasi harga minyak mentah. (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

“Kesepakatan pada November 2016 memangkas produksi minyak guna mengekang kelebihan pasokan global yang telah menekan harga selama lebih dari dua tahun.”

New York (ANTARA News) – Harga minyak dunia berakhir lebih tinggi pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena anggota-anggota penting dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dilaporkan mulai mengurangi produksi mereka.

OPEC mencapai kesepakatan pada November 2016 memangkas produksi minyak guna mengekang kelebihan pasokan global yang telah menekan harga selama lebih dari dua tahun. Beberapa negara telah mengambil tindakan untuk melaksanakan kesepakatan tersebut.

Menteri Energi Arab Saudi, Khalid al-Falih, Kamis, mengatakan, kerajaannya telah memotong pasokan minyak ke level terendah dalam hampir dua tahun.

Sementara itu, Menteri Perminyakan Kuwait, Essam Al-Marzouq, mengatakan, Kuwait telah memangkas produksi minyaknya lebih dari yang dijanjikan dalam kesepakatan, menurut laporan media terbaru.

Para analis mengatakan, kesepakatan itu tampaknya akan bergerak ke depan seperti yang direncanakan, yang mendukung kenaikan harga minyak pada Kamis.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari meningkat 0,76 dolar AS menjadi menetap di 53,01 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret, bertambah 0,91 dolar AS menjadi ditutup pada 56,01 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Editor: Ade Marboen

Source : antaranews.com