Energy & Mining — Tarik Investasi Hulu Migas, Pemerintah Perlu Ubah Rezim Fiskal

Januari 11 / 2017 — 22:11 WIB
Oleh : Duwi Setiya Ariyanti

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah dianggap masih perlu mengubah rezim fiskal untuk bisa menarik investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi.

Berdasarkan laporan Wood Mackenzie terkait perkiraan industri hulu migas global pada 2017, kepercayaan diri mulai tumbuh setelah dua tahun belakangan industri lesu. Adapun, belanja pada kegiatan eksplorasi dan produksi akan naik sebesar 3% hingga US$450 miliar.

28Ilustrasi

Graham Kellas, Senior Vice President of Global Fiscal Research Wood Mackenzie mengatakan, bahkan negara-negara yang memiliki sumber daya yang kaya seperti Meksiko dan Iran pun harus bisa menarik investasi dengan sejumlah terobosan dari aspek fiskal.

Menurutnya, menaikkan pajak bisa saja dilakukan. Namun bagi negara yang memiliki rezim fiskal yang kurang kompetitif, harus melakukan perubahan untuk bisa menarik penanaman modal di negaranya.

“Beberapa Pemerintah akan tertarik untuk menaikkan pajak tapi bagi Pemerintah yang masih menerapkan rezim fiskal yang tidak kompetitif, harus melakukan perubahan untuk memastikan mereka bisa menarik investasi baru,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (11/1/2017).

Source : bisnis.com