Energy & Mining — PLN akan Tambah Kapasitas Kabel Bawah Laut di Kawasan 3 Gili

Januari 14 / 2017 — 05:14 WIB
Oleh : Eka Chandra Septarini

Bisnis.com, MATARAM – PT PLN (Persero) akan menambah kapasitas kabel bawah laut di tiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air di Lombok Utara, serta membangun kabel bawah laut di Gili Gede, Lombok Barat.

General Manager PLN Wilayah NTB Karyawan Aji mengatakan untuk Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, PLN akan menambah jaringan kabel bawah laut 20 kilo Volt (kV) yang sebelumnya sudah ada. Rencananya kabel sepanjang 9,4 kilometer sirkit (kms) akan menghubungkan 3 gili tersebut.

6Gulungan kabel di sebuah pabrik kabel – Ilustrasi/Bisnis /swi

“Pembangunan kabel bawah laut di 3 Gili (Meno, Air, dan Trawangan) untuk memperbesar kapasitas daya sebagai pendukung pertumbuhan kebutuhan listrik. Kami targetkan tahun 2017 sudah selesai. Dengan kapasitas yang besar, investor tidak akan lagi khawatir dengan ketersediaan listrik,” ujar Aji dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Jumat (13/1/2017).

Selain di kawasan tiga gili, PLN juga akan membangun kabel laut Pulau Lombok-Gili Gede. Aji menambahkan bahwa Gili Gede merupakan daerah pariwisata yang potensial, sehingga PLN perlu mempersiapkan jaringan listrik di lokasi tersebut.

Pengembangan pariwisata ini juga menjadi perhatian khusus. Pasalnya, kelistrikan yang handal merupakan faktor penting untuk mendukung kemajuan pariwisata. Untuk kepentingan bisnis di kawasan tersebut rencananya PLN akan menggunakan tarif bisnis premium.

“Ini investasi yang tidak kecil, tetapi ini kebutuhan. Listrik harus ada terlebih dahulu sebelum adanya pembangunan,” ujarnya.

Source : bisnis.com