Diresmikan Jokowi, Kapal Teras BRI Beri Layanan Canggih di Maluku

Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang akan beroperasi di kepulauan Halmahera Selatan, Maluku. Kapal tersebut memberikan layanan perbankan seperti simpanan, pinjaman, hingga pembayaran.

 

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON — Presiden Joko Widodo meresmikan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III di Ambon, Maluku. Kapal tersebut merupakan upaya memberikan inklusi keuangan kepada masyarakat kepulauan terutama yang tidak memiliki bank. Peresmian itu turut dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad.

“Ini yang kita dorong terus agar semua masyarakat bisa menabung dan meminjam uang. Ini juga membiasakan rakyat dengan sistem perbankan,” ujar Jokowi, di Ambon, Jumat (24/2).

Jokowi mengatakan, Indonesia sebagai negeri kepulauan memerlukan terobosan seperti layanan Teras BRI Kapal. Ia pun mengapresiasi kecanggihan kapal tersebut yang terkoneksi langsung dengan satelit BRI. Dengan konektivitas itu, layanan di kapal bisa tetap beroperasi meski di pulau-pulau kecil.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengaku, kapal Bahtera Seva III adalah bentuk kepedulian perusahaan pada masyarakat. “Ini terobosan BRI menjangkau masyarakat pulau yang tidak ada bank. (Di kapal) ada layanan perbankan, ada ATM,” ujar Direktur Utama BRI Asmawi Syam.

Selain untuk memberikan layanan keuangan yang terintegrasi, Teras BRI Kapal Bahtera Seva III juga menyediakan layanan kesehatan, layanan perpustakaan keliling, dan Rumah Kreatif BUMN. Seluruh layanan itu dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat di sekitar Kepulauan Halmahera Selatan.

Bahtera Seva III akan beroperasi di Kepulauan Halmahera Selatan dengan wilayah mencakup Pulau Bacan, Pulau Batan Lomang, Pulau Mandioli, Pulau Madapolo, Pulau Babang, Pulau Saketa, Pulau Kayoa, Pulau Kasiruta, dan Pulau Doko. Kedua kapal tersebut akan beroperasi dengan jadwal mulai dari hari Senin hingga Jumat, pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Nur Aini

Source: republika.co.id