Dirancang Untuk 100 Tahun, Kedalaman Pelabuhan New Priok Setara Selat Malaka

Feby Dwi Sutianto – detikfinance
Selasa, 08/03/2016 09:10 WIB
Foto 1

Jakarta -Pelabuhan Kalibaru atau New Priok Container Terminal (NPCT) 1 di Jakarta Utara akan beroperasi perdana pada awal Juli 2016. Saat beroperasi, pelabuhan yang dibangun di atas laut ini disiapkan untuk 100 tahun ke depan. Artinya New Priok siap mengantisipasi pertumbuhan aktivitas pelabuhan hingga ukuran kapal besar.

“NPCT 1 dirancang untuk 100 tahun ke depan,” kata Corporate Secretary and General Affair PT Pengembangan Pelabuhan Indonesia (PPI), Hambar Wiyadi, kepada detikFinance, Senin (7/3/2016).

PPI merupakan anak usaha PT Pelindo II (Persero) yang diberi tugas membangun New Priok. Pengembangan New Priok tidak berhenti di Terminal 1 yang memiliki kapasitas 1,5 juta TEUs, PPI sedang dalam proses melanjutkan pengembangan New Priok Terminal 2 dan Terminal 3, yang masing-masing memiliki kapasitas sampai 1,5 juta TEUs.

Saat ini, New Priok Terminal 1 akan disiapkan memiliki alur pelayaran dan kedalaman kolam minus 16 meter, sekarang masih 14 meter. Proses perizinan sedang diajukan ke regulator. Bila kedalaman kolam dan alur menjadi 16 meter, kapal sekelas 15.000 TEUs sudah bisa bersandar di dermaga.

Dengan kapal sekelas itu, lalu lintas ekspor dan impor kontainer tidak perlu transit di pelabuhan negara tetangga untuk berganti kapal.

Ternyata ke depan kedalaman alur dan kolam akan kembali diperdalam mencapai minus 20 meter.

“Kedalaman minus 20 meter bisa antisipasi perkembangan evolusi ukuran kapal. Ini setara dengan kedalaman Selat Malaka yang dalamnya 20 meter,” sebutnya.

 (feb/dnl)
Source : detik.com