Cerita Susi Ajak Denmark dan Norwegia Investasi di RI

Senin 28 Nov 2016, 19:45 WIB

Eduardo Simorangkir – detikFinance

41d52568-1dc9-45f7-8a6d-438761cb88ae_169Foto: Michael Agustinus

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengajak pengusaha asal Norwegia dan Denmark segera memanfaatkan kesempatan yang dibuka pemerintah Indonesia kepada swasta untuk ikut andil dalam sejumlah proyek kelautan dan perikanan yang akan dibangun.

Seperti diketahui, pemerintah akan membangun 24 pelabuhan nasional untuk mendukung poros maritim yang menjadi jalur dari tol laut yang menghubungkan Indonesia Barat dan Kawasan Timur Indonesia.

“Saya sudah bilang, dari cold storage, pelabuhan mau dibangun 24, masa mereka nggak ambil satu pun? Kemudian ada pabrik juga,” kata Susi.

Hal ini disampaikannya di sela acara Marine and Fisheries Business and Investment Forum: Indonesian, Danish and Norwegian Maritime Innovation di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (28/11/2016).

Ada berapa banyak yang diharapkan pemerintah bisa dilakukan kerja sama dengan dua negara Skandinavia tersebut? Susi mengatakan, sebanyak-banyaknya yang bisa dilakukan kemungkinan kerja sama.

“Semuanya juga nggak apa-apa,” jawab Susi.

“Kan tadi sudah saya panas-panasin, Rusia sudah teken kemarin, 4 pertama di tahun depan ini, sampai 2 tahun ini akan ada 30 pabrik cold storage, pengolahan, akan dibangun Perindo dan Rusia,” tambahnya.

Sementara itu, Duta Besar Denmark, Casper Klynge mengatakan, ini adalah pertama kalinya Norwegia dan Denmark bersatu dalam forum bisnis Maritim Indonesia. Bahkan dengan hadirnya 33 perusahaan negara Skandinavia tersebut dalam forum ini, kata dia menunjukkan adanya minat yang sangat besar dari investor.

“Ini menunjukkan ketertarikan dari perusahaan-perusahaan Norwegia dan Denmark dan ingin melihat peluang apa yang bisa dieksplorasi bersama Indonesia. Kami datang ke sini dengan ketertarikan yang sungguh-sungguh dalam mengeksplorasi peluang investasi dan bisnis,” pungkasnya. (hns/hns)

Source : detik.com