Lembaga Riset Baru SKK Migas Sudah Kantongi 126 Lokasi Cadangan Migas

Foto: Dok. Pertamina

Jakarta – Lembaga analisa data potensi minyak dan gas (migas) milik SKK migas temukan 126 titik cadangan minyak baru di Indonesia. Dari jumlah tersebut, terdapat potensi sumberdaya “yet to find” sebesar 8,3 miliar setara barel minyak (boe).

Perolehan 126 proven plays tersebut berasal dari 19 cekungan produksi. Lima cekungan di antaranya memiliki potensi cadangan minyak raksasa, yaitu Cekungan Sumatera Utara, Sumatera Selatan, North East Java, Kutai, dan Pre-Tertiary Passive Margin.

Lalu, Indonesia juga masih berpeluang menemukan lapangan raksasa dengan masing-masing sumber daya 770 juta boe.

Baca juga: Bikin Lembaga Riset, SKK Migas Cari Cadangan Minyak Raksasa

Perolehan data terbaru di atas adalah hasil evaluasi lebih lanjut terkait temuan cadangan gas signifikan baru di Wilayah Kerja Sakakemang, Sumatera Selatan pada awal 2019.

Dengan adanya evaluasi lebih lanjut oleh SKK Migas, maka Indonesia tak lagi menggunakan data potensi cadangan migas keluaran tahun 1979 yang kemudian diperbarui pada tahun 1985.

“Setelah lebih dari 36 tahun kita untuk pertama kalinya kita mengeluarkan update dari total discover seluruh lapangan migas Indonesia,” tutur Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto pada Launching Indonesia Oil and Gas Institute, Selasa (30/4/2019).

Source : detik.com