B30 Bisa Dipakai Tahun Ini? Arcandra: Masih Diuji Coba

Foto: Wamen ESDM Arcandra Tahar/Foto: Danang SugiantoWamen ESDM Arcandra Tahar.

Jakarta – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan bahwa hingga kini penggunaan bahan bakar biodiesel 30% alias B30 masih diuji coba.

“B30 masih dalam uji coba. Terakhir di bulan Oktober ya selesai uji cobanya,” kata Arcandra usai rapat dengan Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Lalu apakah B30 bisa digunakan secara luas tahun ini?

Arcandra belum bisa menjawab hal tersebut hingga kini pihaknya masih melakukan berbagai evaluasi dalam uji coba yang akan berakhir di bulan Oktober. Mulai dari kapan penerapannya dan hitungan penghematan dari bahan bakar yang satu ini.

Baca juga: Darmin Panggil Arcandra Bahas Penggunaan B30

“Kan masih jalan ya sampai Oktober, kita sambil jalan, sambil evaluasi terus,” kata Arcandra singkat.

Sebelumnya, pemerintah bersama Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) memang sudah melakukan uji coba B30 sejak pertengahan tahun ini.

Diharapkan B30 bisa memangkas impor bahan bakar minyak (BBM) hingga 55 juta barel. Angka tersebut setara dengan volume yang akan diujicobakan yakni 9 juta kiloliter (kl).

Baca juga: Tantangan Penggunaan Biodiesel untuk Kendaraan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan dengan penerapan B30, impor yang bisa dihemat mencapai US$ 3 miliar.

“Kita akan masuk B30, kemarin lapor presiden untuk segera masuk kita bisa hemat US$ 3 miliar lagi. Jadi peran kelapa sawit sangat penting,” kata Luhut, Selasa (16/7/2019).

Source : detik.com